Minggu, 25 November 2012

METERI KESENIAN kelas XI semester 1


Materi Kesenian XI IPA semester 1
Pameran di ruang Khusus
Pada pameran khusus yang dilakukan  di ruang pameran, pengunjung biasanya orang-orang yang sengaja datang untuk menyaksikan pameran. Sitiasi ini menguntungkan, karena biasanya mereka akan memiliki perhatian yang lebih besar terhadap karya yang dipamerkan. Selain itu pameran juga dapat diarahkan secara teratur mulai dari jam buka dan tutup pameran,  data pengunjung tercatat pada buku tamu, serta memasukkan dapat dicatat di buku pesan dan kesan. Jika anda melakukan pameran diruang khusus untuk pameran, tatalah sedemikian rupa sehingga pengunjung akan leluasa bergerak masuk dan keluar ruangan tanpa saling bertabrakan. Sebaiknya diusahakan agar pengunjung bergerak satu arah sejak masuk, menikmati karya seni, dan keluar ruangan. Sediakan buku tamu di arah pintu masuk ban buku kesan-kesan di pintu keluar. Pintu tersebut dapat merupakan pintu yang sama yang ditata sedemikian rupa. Atur jarak karya, sehingga tidak terkesan menumpuk di satu sisi dan kosong di sisi ruangan yang lain. Usahakan agar pengunjung memiliki ruangan yang cukup untuk bergerak. Aturlah pencahayaan sehingga keindahan karya akan menonjol.
Pameran di ruang publik
Pamera di ruang publik sering dilakukan di ruangan maupun di luar ruangan yang banyak dikunjungi orang mereka tidak datang untuk menyaksikan pameran, tetapi secara kebetulan dapat menyaksikan pameran tersebut ketika melewatinya. Keuntungan dari pameran ini adalah semua orang dapat menyaksikannya, tanpa menyediakan waktu khusus. Pihak penyelenggaraanpun tidak perlu menyediakan tempat khusus, hanya memanfaatkan tempat yang ada, baik di dalam (di kelas) maupun di luar ruang di korodor sekolah, pojok-pojok teras sekolah, dan sebagainya.
Jika anda menyelenggarakan pameran di ruang publik, tatalah sedemikian rupa sehingga karya anda dapat dilihat dengan mudah. Pilihlah tempat yang strategis tetapi tidak mengganggu pergerakan orang-orang di tempat tersebut. Penataan karya yang berhasil akan tampak menyatu dan memperindah tempat tersebut, tidak mengganggu, dan memancing perhatian orang-orang yang berada di tempat tersebut untuk memperhatikan karya seni anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar